SINOPSIS

Sinema Unggulan

Confucius

Tayang: 8-Jul-2013 00:00 WIB

Ini adalah sebuah film biografi karya Hu Mei yang diedarkan pada tahun 2010 yang mengisahkan tentang filsuf agung China, Kong Hu/Kong Qiu (551 SM - 479 SM) atau yang lebih populer dengan nama Kong Hu Cu. Ajaran filsuf itulah yang sangat berpengaruh pada kebudayaan China hingga kini, bahkan meluas ke Korea, Jepang dan Vietnam.

Kisahnya dimulai pada abad ke-6 sebelum Masehi ketika China masih terdiri beberapa kerajaan feodal yang bersaing satu sama lain demi supremasi. Kong Qiu (Chow Yun-Fat) lahir di Kerajaan Lu, di mana pengadilan memutuskan bahwa nama dan kekuasaan nyata hanya diberikan kepada tiga kelompok penguasa Kerajaan Lu yang paling kuat.

Reputasi Kong Qiu sebagai pemikir sosial budaya membuat Raja Muda Lu menunjuknya untuk bekerja di kantor kementrian, dimana ia telah mencetak beberapa keberhasilan cemerlang dalam memulihkan martabat dan wibawa Pengadilan. Usahanya untuk mengendalikan ambisi para kelompok berkuasa juga berhasil, tetapi tentara kerajaan Lu yang dipimpin oleh jenderal muda Gongshan Niu berbalik melawannya dan penguasa kerajaan Qi disuap untuk membuat penguasa Lu melawan menterinya.

Kong Qiu dilucuti dari kantornya dan dikirim ke pengasingan. Dia yang telah menginjak usia tua sebagai seorang pengembara, berkelana dari kerajaan ke kerajaan lainnya, diikuti dengan rombongan pengikut setia yang dipimpin oleh Yan Hui. Perhentian pertamanya adalah Kerajaan Wei. Bencana politik kembali mengancam Kerajaan Lu, Kong Qiu diminta pulang. Ia setuju untuk kembali namun hanya sebagai guru, tidak ingin terlibat politik lagi…

Seperti apa kisah biografi Kong Hu Cu alias Confucius dalam film karya Hu Mei itu? Ikutilah kisah selengkap filsuf agung yang ajarannya telah menjelma sebagai sebuah agama dalam film Confucius di layar kaca Indosiar. Selamat menyaksikan.(21cpl/IDC/Fachri)

view video



Baca Juga:

Berita HOT:
More SINOPSIS:
[ more Sinopsis ]