SINOPSIS

ATTILA THE HUN


Kekejaman dan pertumpahan darah Attila yang menjadi raja bangsa Hun dalam usaha penaklukan Eropa ini tercatat dalam sejarah sehingga tidak heran iapun dijuluki sebagai "The Scrouge of Eropa". Namun sosok bangsa Hun yang dipimpin Attila merupakan misteri yang ingin dipecahkan karena bangsa itu menghilang pada abad ke-9 Masehi. Sebagian ahli menduga bahwa bangsa Hun  adalah bagian salah satu subras Turki di Asia Tengah dan sebagian lagi ilmuwan menduga Hun adalah bagian dari Mongol. Selain itu diduga pula bahwa bangsa Zingnu pada abad ke-4 hingga ke-2 sebelum Masehi yang meneror wilayah Cina juga adalah bangsa Hun pula.

Walau dalam sejarah tercatat bahwa Attila the Hun terkenal dengan kekejamannya dan tidak mengenal belas kasihan terhadap siapapun termasuk wanita dan anak-anak dalam penjarahan dan perluasan wilayahnya, namun tidak demikian dalam miniseri "Attila the Hun" yang dibesut sutradara Dick Lowry pada tahun 2001. Sosok Attila digambarkan oleh sang sutradara yang ingin me-romantis-kan sejarah, sebagai sosok pemimpin yang memiliki visi yang lebih jauh daripada orang lain. Selain itu, sosok Attila pun digambarkan Lowry adalah sosok yang lebih manusiawi daripada yang tercatat dalam sejarah. Dikisahkan bahwa Attila (Gerard Butler) yang ketika kecil menyaksikan keluarganya dibantai dan kemudian dibesarkan oleh pamannya.

Setelah dewasa, Attila menjadi raja bangsa Hun pada tahun 433 M, berusaha keras mempersatukan bangsanya yang terpecah-pecah ke dalam banyak suku. Setelah berhasil mempersatukan bangsa Hun, Attila pun melanjutkan cita-citanya yaitu menghancurkan kekaisaran Romawi yang pada abad ke-5 telah terpecah menjadi Romawi Timur di Byzantium (sekarang Istanbul, Turki) yang dipimpin Kaisar Theodosius (Tim Curry) dan Romawi Barat di Roma yang dipimpin Kaisar Valentinian (Reg Rogers). Kisahnya kemudian difokuskan antara saling berhadapan antara Attila dengan jenderal Romawi, Flavius Aetius (Powers Boothe). Digambarkan bahwa Flavius adalah seorang jenderal yang sangat berambisi untuk menghancurkan Attila. Juga ada kisah tentang Honoria (Kristy Mitchell) yang meminta Attila menyerbu Roma dengan imbalan bersedia menjadi istri orang barbar itu karena dendam kepada kakaknya, KaisarValentinian yang mengasingkan dirinya ke sebuah biara terpencil.

Tim Curry
Pemeran tokoh sejarah Kaisar Theodosius dari Romawi Timur ini adalah seorang aktor yang berbakat, Tim Curry. Dilahirkan dengan nama Timothy James Curry pada 19 April 1946 di Cheshire, Inggris, Tim belajar drama dan bahasa Inggris di Cambridge dan Birmingham University. Ia lulus dengan nilai luar biasa karena mendapatkan Combined Honors. Sukses profesional pertamanya adalah akting dalam drama teater di London yaitu "Hair" yang kemudian diikuti dengan kerja lainnya dalam Royal Shakespeare Company, Glasglow Civic Reportory Company dan Royal Court Theater. Dalam Royal Court Theater itulah, Tim menciptakan sebuah peran terkenal yaitu Frank N. Furter untuk drama teater "The Rocky Horror Show".

Hebatnya peran tersebut kemudian dibuat ulang dalam pentas teater di Los Angeles dan dalam produksi teater Broadway di New York. Bahkan peran tersebut diulang lagi oleh Tim dalam film layar lebar "The Rocky Horror Picture Show" (1975). Tim adalah pemain komedi natural seperti yang telah dibuktikannya dalam film "Annie" (1982), "Clue" (1985), "Pass the Ammo" (1988), "Oscar" (1991), "Passed Away" dan "Home Alone 2" (kedua-duanya 1992), "The Three Muskeeter" (1993) dan banyak lagi. Namun Tim juga adalah aktor dramatik yang membintangi film "The Shout" (1978), "The Ploughman’s Lunch" (1983) dan "The Hunt for Red October" (1990) yang juga dibintangi Sean Connery dan "Congo" (1995), serial "The Net" (1998) dan "Charlie’s Angels" (2000).

Tim benar-benar memiliki banyak bakat diantaranya menjadi pengisi suara dalam banyak film kartun dan animasi baik di televisi dan layar lebar dan juga game. Sebut saja "Abel’s Island" (1988), "Peter Pan and Pirates" (1990), "Sonic the Hedgehog" (1993) hingga "Family Affair" (2002) serta game "Wing Commander III" (1994) dan "Gabriel Knight" (2000). Selain itu, Tim pun adalah komposer dan penyanyi yang bersama bandnya sering mengadakan konser musiknya baik di Eropa maupun Amerika. Ia juga telah merilis 4 albumnya yang di bawah label A&M Records. Tidak ada tanda-tandanya Tim berhenti berkarya karena pada tahun 2003 ia mengisi suara dalam film animasi "Rugrats Meet the Wild Thornberrys" dan game "Four Horseman of the Apocalypse".

Seperti apa tokoh Attila yang digambarkan oleh sutradara Dick Lowry ? Bagaimana hasil pertempuran antara pihak Attila dengan Flavius ? Anda bisa mengikuti kisah mereka dalam miniseri "Attila the Hun" yang tayang dalam dua bagian yaitu Senin (03/02) dan (10/02), pukul 22.00 WIB di layar kaca kesayangan Anda, Indosiar. Selamat menyaksikan.


***
Fachri




Berita HOT:
More SINOPSIS:
[ more Sinopsis ]