RAGAM

Pernik Ramadhan

Perajin Kolang Kaling Musiman Bermunculan

Tayang: 25-Jul-2012 11:01 WIB



indosiar.com, Garut - (Rabu, 25.07.2012) Kolang kaling, yang bisa dijadikan beragam olahan penganan, seperti manisan, campuran kolak, atau minuman, selalu menjadi menu favorit berbuka puasa. Permintaan buah kolang kaling di saat bulan ramadhan ini cukup tinggi. Tentunya membawa berkah tersendiri bagi perajinan kolang kaling. Tak heran, di saat bulan ramadhan ini, perajin kolang kaling musiman bermunculan.

Buah kolang kaling identik dengan ramadhan. Tentunya bagi perajin kolang kaling membawa berkah tersendiri. Tak heran, di saat bulan ramadhan, banyak perajin kolang kaling musiman bermuculan.

Di Garut Jawa Barat, sejumlah warga beralih profesi menjadi perajin kolang kaling, seperti dilakukan Rohyana, dan Wawan ini, tadinya sebagai buruh serabutan. Mereka mengaku, tergiur dengan keuntungan yang diperoleh. Pasalnya, selama bulan ramadhan ini, perajin kolang kaling kebanjiran pesanan.

Kolang kaling dikumpulkan dari pohon enau di hutan. Buah kolang kaling dimasak hingga lembek, lalu, kulitnya dikupas untuk kemudian diambil kolang-kalingnya. Dalam sehari, Rohyana dan Wawan mampu menghasilkan 25 kilo gram biji kolang-kaling, dan menjualnya ke pengepul dengan harga 3.000 rupiah perkilonya.

Kolang-kaling merupakan buah yang paling dicari di saat bulan puasa. Buah kolang kaling bisa dijadikan berbagai olahan penganan, seperti manisan, minuman, dan campuran kolak, yang selalu menjadi favorit sebagai menu berbuka puasa. (Deni Muhamad Arif/Sup)

view video



Baca Juga:

Berita HOT:
More RAGAM:
[ more Ragam ]