RAGAM

Pernik Ramadhan : Cara Menghafal Al Quran

Menerapkan Metode Wafa



indosiar.com, Surabaya - (Rabu : 31/7/2013) Ada cara baru dalam metode pembelajaran pada anak, yaitu metode Wafa. Metode ini mengajarkan anak agar mampu menghafalkan Al Qur'an dan memaksimalkan otak bagian kanan. Metode ini juga berhasil diterapkan pada anak yang mengalami tuna netra, dan mampu menghafal Al Qur'an dengan sempurna. Seperti apa tehnik metode Wafa ?

Metode pembelajaran Al Qur'an menggunakan metode Wafa, merupakan metode pembelajaran untuk mampu menghafal Al Qur'an dengan memaksimalkan otak kanan pada anak. Contoh yang berhasil dalam metode ini adalah Ishroqy Nur Muhammad, bocah berusia 12 tahun asal Desa Puri Mojokerto, Jawa Timur mampu menghafal Al Qur'an.

Meski dalam keterbatasan penglihatan, tidak membuatnya menjadi terpuruk ataupun tidak percaya diri. Bocah tuna netra ini, justru membuat bangga kedua orang tuanya karena bisa menghafal 18 juz alquran, bahkan kemerduan suaranyapun mampu menggertarkan hati para pendengarnya.

Cara yang digunakan sebagai metode penghafalannya juga cukup unik, yakni dengan cara menirukan setiap ayat Al Qur'an yang dibacakan secara perlahan oleh sang ibunda. Setiap harinya, Ishroqy mampu menghafal 1 halaman Al Qur'an. Metode Wafa ini diharapkan dapat memberikan proses pembelajaran, yang sesuai dengan karakter dan psikologis pada anak secara interaktif dan menjadikan anak tersebut aktif. (Didik Wahyudi/Sup)

view video



Baca Juga:

Berita HOT:
More RAGAM:
[ more Ragam ]