RAGAM

Pernik Ramadhan

Kopi Biji Kurma yang Berkhasiat

Tayang: 6-Aug-2012 10:11 WIB


indosiar.com,  Pasuruan - (Senin, 06.08.2012) Siapa yang tidak kenal dengan buah kurma, buah yang banyak tumbuh di tanah tandus padang pasir di kawasan Timur Tengah. Selain memiliki daging yang manis, biji buah kurma ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk minuman pengganti kopi. Bahkan kopi biji kurma ini diyakini banyak orang bisa untuk menyembuhkan penyakit diabetes dan darah tinggi.

Kopi dari biji buah kurma ini bisa ditemukan di Pasuruan, Jawa Timur. Kopi biji kurma ini dipopulerkan oleh Mukmin, warga Sungkono, Kecamatan Bangil, Pasuruan. Selain memiliki warna layaknya biji kopi, biji buah kurma ini juga memiliki bentuk dan rupa mirip dengan biji kopi. Namun demikian, tidak banyak yang mengetahui jika biji kurma ini juga memiliki khasiat layaknya biji kopi. Di tangan Mukmin, biji kurma yang biasa dibuang, justru menjadi sumber penghasilan.

Proses membuat kopi biji kurma cukup mudah. Setelah dicuci dengan air, biji kurma dikeringkan, sebelum digoreng di atas penggorengan tanpa minyak. Setelah cukup gosong, biji kurma ditumbuk atau diblender, hingga berubah menjadi serbuk, dan siap diseduh menjadi minuman.

Lahirnya gagasan kopi dari biji kurma ini bermula dari pertanyaan pelanggan kurma di toko kurma Mukmin, yang menyarankan untuk membuat kopi dari biji kurma. Saran ini diwujudkan Mukmin dengan bereksperimen mengolah biji kurma. Dari coba-coba inilah, mukmin justru mendapat penghasilan yang lumayan. Bahkan selama ramadhan, penjualan kopi biji kurma meningkat tajam.

Peningkatan penjualan ini tidak terlepas dari keyakinan sejumlah pelanggan, bahwa kopi biji kurma ini bisa untuk menyembuhkan penyakit diabetes dan darah tinggi.

Aroma dan cita rasa kopi biji kurma juga bisa dinikmati untuk segala umur. Untuk secangkir kopi biji kurma, hanya dipatok seharga 4 ribu rupiah. Sementara untuk bubuk kopi pertoples, hanya dihargai senilai 35 ribu rupiah. Nah anda berminat, silahkan mencoba. (Nur Rohman/Sup)

view video



Baca Juga:

Berita HOT:
More RAGAM:
[ more Ragam ]