FOKUS

Transparansi Gaji

Keterbukaan Pemerintahan Jokowi - Ahok



indosiar.com, Jakarta - (Selasa : 18/06/2013) Di tengah permintaan para kepala daerah yang menginginkan kenaikan gaji kepada presiden, karena dinilai gaji yang tidak setara dengan tugas-tugas berat yang dijalani, gubernur dan wakil Gubernur DKI Jakarta justru membuka kepada publik tentang berapa besar penghasilan yang diterima setiap bulannya. Rincian gaji Jokowi dan Ahok ini dapat diakses masyarakat secara bebas lewat internet.

Ada yang berbeda pada kepemimpinan era Joko Widodo dan Basuki Tjahaya Purnama, sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Jokowi Ahok berani membeberkan berapa besaran gaji yang mereka terima setiap bulannya. 

Keterbukaan Jokowi Ahok mengenai besaran gaji mereka dapat diakses melalui website www.ahok.org.

Tim redaksi Fokus mencatat, jumlah gaji pokok setiap bulan yang diterima Jokowi, sebesar tiga juta rupiah. Gubernur juga menerima tunjangan. Sehingga setiap bulan Jokowi menerima lebih dari 8 juta rupiah. Sedangkan Ahok menerima gaji pokok, sebesar dua juta empat ratus ribu rupiah. Selain gaji pokok, wakil gubernur juga mendapat tunjangan yang sama dengan gubernur. Sehingga total pendapatan Ahok tiap bulan lebih dari 7 juta rupiah.

Keterbukaan mantan Walikota Solo dan mantan Bupati Belitung tersebut, mengenai gaji mereka, menuai beragam reaksi masyarakat. Tak ketinggalan Indonesian Corruption Watch, (ICW), juga memberikan tanggapan atas aksi yang dilakukan Jokowi dan Ahok itu.

Sementara itu, Jokowi membantah jika aksi yang dilakukan ini hanya mencari sensasi, atau bahkan pencitraan dimata masyarakat semata.

Terbukanya gubernur dan wakil gubernur mengenai berapa gaji yang mereka terima, merupakan salah satu wujud transparansi kepada masyarakat luas. Setidaknya ini menjadi contoh para pejabat lainnya untuk berani terbuka soal pendapatannya. Semoga saja langkah positif ini juga diimbangi dengan karya nyata Jokowi Ahok, untuk membangun ibukota yang lebih baik lagi. (Tim Liputan/Sup)

view video



Baca Juga:

Berita HOT:
More FOKUS:
[ more Fokus ]