FOKUS

Info Haji 2012

Jemaah Batal Tawaf Ifadoh



indosiar.com, Mekkah - (Senin, 29.10.2012) Kota Mekkah kembali padat, setelah pulangnya jemaah haji yang telah menyelesaikan jumroh Nafar awal. Kepadatan terpusat di Masjidil Haram dan sekitarnya, yang padat dengan jemaah karena ingin menyelesaikan rukun haji dengan melaksanakan Tawaf Ifadoh. Kondisi ini menyebabkan sejumlah jemaah haji yang masih kelelahan membatalkan dan menunda Tawaf hingga suasana tidak terlalu ramai.

Tidak ada ruang sejengkal pun di Masjidil Haram. Banyaknya jamaah ini karena mereka ingin menyelesaikan rukun haji dengan melaksanakan Tawaf Ifadoh. Karena padatnya Masjidil Haram ini, membuat banyak jamaah haji Indonesia membatalkan rencana melakukan Tawaf Ifadoh ini. Selain itu, kondisi diperparah karena tidak beroperasinya bus gratis yang disediakan pemerintah, sehingga jemaah memilih menunda tawaf.

Sejumlah jamaah lainnya yang tinggal di pemondokan yang jauh dari masjid, memilih pulang karena tidak mendapatkan kendaraan menuju Masjidil Haram. Mereka enggan berjalan kaki sejauh 2,5 kilometer menuju masjid untuk melakukan Tawaf dan Sa’i. Apalagi kondisi fisik masih kelelahan setelah melaksanakan puncak haji Wukuf, Mabitz, dan Lempar Jumrot, yang berlangsung selama 3 hari berturut-turut bagi mereka yang memilih Nafar awal.

Saat ini, baru sebagian jemaah haji dunia yang kembali ke kota Mekkah, sebagian lainnya memilih Nafar Sani dalam melakukan Lempar Jumrot, dan baru akan pulang ke kota Mekkah setelah melakukan balang Jumrot, pada Senin ini atau bertepatan dengan penanggalan Islam 13 Djuzhijjah. Kepadatan di Masjidil Haram dan sekitarnya diprediksi akan meningkat setelah kembalinya jemaah ini ke kota suci Mekkah. (Henny Murniati Supaidi/Sup)

view video



Baca Juga:

Berita HOT:
More FOKUS:
[ more Fokus ]