FOKUS

Masa Orientasi Siswa

Diisi Kegiatan Kreatif


indosiar.com, Surabaya - (Senin:09/07/2012) Hari pertama masuk sekolah, murid murid SD Muhammadiyah Pucang, harus mengikuti kegiatan moss atau massa orientasi siswa baru. Para siswa baru ini, diberi pelajaran layaknya siswa TK. Namun tidak jarang ada yang masih takut dan ditemani orang tuanya.

Pihak sekolah, kali ini menggelar mos dengan cara yang lain. Bukan dengan baris berbaris, atau melakukan kegiatan di alam bebas. Namun mereka dikenalkan dengan buah buahan lokal,  seperti apel Malang, kesemek, melon, jeruk bali, jambu air dan lain lain. Para siswa juga diberi pelajaran bagaimana cara membungkus buah di dalam keranjang.

Selain dikenalkan dengan berbagai buah lokal, anak anak ini juga diperkenalkan dengan batik mangrof sebagai produk andalan Surabaya.

Sejumlah siswa mengaku senang mengikuti kegiatan orientasi ini. Mos SMK PGRI diisi baris berbaris  dengan instruktur TNI AD, HID, Surabaya

Sementara suasana berbeda juga terlihat di SMK PGRI satu Sidoarjo. Masa orientasi diisi dengan kegiatan baris berbaris, dengan instruktur anggota TNI Angkatan Darat. Pihak sekolah  ingin melatih kedisiplinan siswa sejak dini. 
Namun demikian, instruktur TNI ini tidak diperbolehkan melakukan hukuman terhadap siswa. MOS di sekolah ini tidak lagi mengedepankan  unsur perploncoan maupun kekerasan.(Didik Wahyudi,Hidayat Adi,Her)

view video



Berita HOT:
More FOKUS:
[ more Fokus ]