FOKUS

Kopi Berbahaya

BPOM Umumkan Kopi Kuat Mengandung Zat Berbahaya


indosiar.com, Jakarta - (Jumat:25/11/2011) Apakah anda penikmat minuman kopi, hati hatilah terhadap produk kopi yang anda konsumsi. Sebab Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) siang tadi mengumumkan 22 daftar produk kopi berbahaya karena mengandung bahan kimia Seldenafil dan Tadenafil. Bila di konsumsi terus menerus bahan kimia bisa menyebabkan sakit kepala, mual, gangguan penglihatan hingga serangan jantung.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Kustantinah mengingatkan bahaya peredaran kopi yang mengandung bahan kimia. Menurut kepala badan POM, beredarnya kopi kopi yang dengan manfaat untuk mengatasi disfungsi ereksi merupakan trend baru yang berkembang, setelah produk jamu jamu tradisional dilarang di pasaran.

Dari 56 sampling produk kopi yang dianalisa di berbagai daerah 22 produk dipastikan mengandung bahan kimia organik berupa sildenafil atau tadelafil.

Kopi mengandung bahan kimia organik tersebut ditemukan beredar di Bandung dan Surabaya dan beberapa bisa dipesan melalui internet. Namun jika dikonsumsi, produk kopi tersebut dapat menyebabkan sakit kepala, nyeri dan mual, gangguan penglihatan hingga serangan jantung.

Badan POM berjanji akan terus mengawasi peredaran kopi mengandung bahan kimia organik termasuk memproses hukum produsen produsen kopi bersangkutan. Pasalnya jika terbukti membayahakan ancaman hukumannya 5 tahun penjara serta denda maksimal Rp 600 juta.(Eri Sofyah Hakim/Baharuddin Rahman/Her)

view video



Baca Juga:

Berita HOT:
More FOKUS:
[ more Fokus ]